Selasa, 04 Desember 2012

BAB 14 - -MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK DAN JASA

A. MENGEMBANGKAN PENAWARAN PRODUK TOTAL
    Pengembangan produk total artinya segala hal yang dievaluasi konsumen saat memutuskan apakah ia akan membeli suatu barang. Hal ini disebut juga dengan paket nilai (value package). Konsumen yang berbeda mungkin juga menginginkan penawaran produk total yang berbeda pula. Jadi sebuah perusahaan dapat membuat berbagai jenis penawaran.

B. PENTINGNYA KEMASAN

  1. Melindungi produk di dalamnya, mampu bertahan saat dipindahkan dan tidak mudah rusak
  2. Menarik perhatian pembeli
  3. Menjelaskan isinya dan memberi informasi mengenai isi
  4. Menjelaskan manfaat dari produk dalam kemasan
  5. Menyediakan informasi mengenai jaminan
  6. Memberi indikasi harga
C. MEREK DAN EKUITAS MEREK
         Merek atau brand adalah sebuah nama, simbol, atau desain (atau kombinasi hal-hal tersebut) yang mengidentifikasi barang atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan membedakannya dari barang dan jasa pesaing.
        Merek dagang adalah sebuah merek yang telah diberi perlindungan hukum eksklusif, baik untuk nama mereknya maupun untuk rancangan gambarnya. Merek dagang perlu dilingungi dari perusahaan-perusahaan lain yang mungkin ingin mengambil keuntungan dari reputasi dan citra pemegang merek dagang.

D. KATEGORI MEREK DAGANG
  1. Nama merek produsen: nama merek dari produsen-produsen yang mendistribusikan produknya secara nasional.
  2. Merek diler atau label privat: produk-produk yang tidak menyandang nama produsen, tetapi membawa nama distributor atau peritel
  3. Barang generik: produk-produk tanpa merek yang biasanya dijual dengan diskon besar dibandingkan merek nasional atau privat
  4. Merek palsu: tiruan ilegal dari barang-barang merek nasional
E. TUJUAN PENENTUAN HARGA
     Tujuan-tujuan penentuan harga yang paling umum adalah:
  • Mencapai sasaran pengembalian atas investasi
  • Membangun arus lalu lintas produk
  • Mendapatkan pangsa pasar lebih besar
  • Menciptakan suatu citra
  • Mencapai tujuan-tujuan sosial


ARTIKEL MENGENAI "MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK DAN JASA

4 Strategi Penentuan HargaHits : 5289PDFCetakE-mail

Sabtu, 28 April 2012 15:16
Terdapat berbagai cara dalam menentukan harga. Masing-masing cara tersebut digunakan di situasi yang berbeda. Pasalnya, harga merupakan faktor yang menentukan dalam menentukan sukses bisnis Anda.

Penentuan harga yang optimal tidak hanya tergantung pada ongkos produksi yang Anda keluarkan dalam memproduksi barang dan jasa. Faktor-faktor seperti kompetitor, suplier, dan ketersediaan barang pengganti turut andil dalam menentukan harga. Berikut akan kami sampaikan berbagai strategi harga yang digunakan di situasi yang berbeda:

Biaya tambah mark up

Dengan strategi ini, Anda menentukan profit yang diinginkan sebelum menentapkan harga. Metode ini membantu Anda fokus pada profit, tapi dapat juga menyebabkan harga diluar harapan konsumen dan harga dari perusahaan saingan.

Harga bersaing

Dalam menetapkan harga yang bersaing di pasar, Anda harus melihat harga yang ditawarkan kompetitor dan menggunakannya sebagai patokan untuk menetapkan harga produk Anda. Strategi Anda akan menentukan apakah harga Anda setara, sedikit di bawah, atau sedikit di atas pesaing.

Price skimming

Metode ini dapat Anda gunakan jika mempunyai produk yang unik dan tidak memiliki barang penganti.  Harga yang ditentukan tinggi, sehingga memberikan margin yang tinggi bagi penjual. Pembelinya adalah mereka yang mau membayar karena keunikan produk tersebut. Dalam hal produk kebutuhan pokok, konsumen tidak memiliki pilihan lain. Seringkali, price skimming adalah strategi jangka pendek saat pesaing juga memasarkan produk yang sama, harga diturunkan.

Penetration pricing

Metode ini merupakan lawan dari price skimming. Harga ditentukan di bawah biaya dengan tujuan mendapatkan market share yang besar. Karena penetrasion price tidak mencakup biaya, ini juga strategi sementara. Karena strategi ini menguntungkan, konsumen harus bersedia membayar harga normal, harga yang lebih tinggi.(*/dari berbagai sumber
)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar