Kamis, 06 Desember 2012

BAB 16 - - MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI YANG EFEKTIF



A.  PROMOSI DAN BAURAN PROMOSI
      Promosi (promotion) adalah usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran para pemasar menggunakan banyak alat yang berbeda untuk mempromosikan produk dan jasa mereka secara tradisional. Kombinasi dari alat-alat promosi yang digunakan seperti iklan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat dan promosi penjualan yang digunakan satu organisasi disebut bauran promosi.

B. IKLAN: PERTEMPURAN UNTUK MENJAGA MINTA KONSUMEN
      Iklan (advertising) adalah komunikasi non personal dengan bayaran melalui berbagai media oleh organisasi-organisasi dan individu-individu yang dengan satu cara teridentifikasi di dalam pesan. Propaganda adalah komunikasi non personal yang tidak memiliki  sponsor teridentifikasi.
Contoh-contoh media iklan:
1)      Surat kabar
2)      Televise
3)      Radio
4)      Majalah
5)      Luar ruang
6)      Surat
7)      Iklan jenis yellow pages
8)      Internet

C. MENINGKATNYA PENGGUNAAN INFOMERSIAL
     Bentuk iklan yang sedang tumbuh adalah infomersial. Infomersial adalah acara tv siaran penuh yang diperuntukkan khusus untuk mempromosikan barang atau jasa. Infomersial sukses karena mereka menunjukkan produk dengan sangat detail.
Banyak orang mengatakan bahwa infomersial sepanjang setengah jam sebanding dengan mengirimkan tenaga-tenaga penjual sangat terbaik Anda kerumah seseorang dan mengizinkan mereka melakukan apapun yang mereka sanggup untuk menghasilkan penjualan: drama, demonstrasi, testimonial, grafis, dan masih banyak lagi.

 D. PEMASANG IKLAN BERPINDAH KE INTERNET
      Walaupun iklan televise masih menjadi pilihan nomor satu untuk para pemasar, bentuk iklan ini mulai kehilangan daya tariknya. Perekam video digital memungkinkan pelanggan untuk meloncati iklan-iklan di TV. Hal ini membuat TV menjadi kurang menarik bagi pemasang iklan kecuali bila iklan-iklan jauh bertambah baik mutunya, sehingga orang akan ingin menontonnya dan tidak melewatkannya.
     Promosi interaktif memungkinkan para pemasar untuk lebih dari sekedar melakukan monolog, tetapi para penjual membujuk pembeli untuk membeli sesuatu, menjadi melakukan dialog dimana penjual dan pembeli bekerja sama untuk menciptakan hubungan pertukaran yang saling menguntungkan

E. LANGKAH-LANGKAH DALAM PROSES PENJUALAN
  1. Prospek dan kualifikasi
  2. Pra-pendektana
  3. Pendekatan
  4. Melakukan presentasi
  5. Menjawab keberatan
  6. Menutup penjualan
  7. Tindak lanjut (follow up)
F. HUBUNGAN MASYARAKAT: MEMBANGUN HUBUNGAN
     Hubungan masyarakat atau humas (public relationship-PR) didefinisikan sebagai fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, mengubah kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur untuk merespons permintaan masyarakat, dan melaksanakan sebuah program yang terdiri atas tindakan dan informasi untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan masyarakat.
     Dengan kata lain, sebuah program hubungan masyarakat yang baik terdiri atas tiga langkah:
1) Mendengarkan masyarakat
2) Mengubah kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur
3) Menginformasikan masyarakat bahwa Anda merespons kebutuhan mereka.

G. STRATEGI-STRATEGI PROMOSI
     Ada dua cara atau kunci untuk memfasilitasi pergerakan produk dari produsen ke konsumen, yaitu:
1) Push strategy
    Dalam push strategy, produsen menggunakan iklan, penjualan personal, promosi penjualan, dan alat-alat promosi lainnya untuk meyakinkan para perantara grosir dan peritel agar mau menyimpan persediaan dan menjual barang dagangan. Jika push strategy berhasil, konsumen akan masuk ke sebuah toko, melihat produk, dan membelinya. Idenya adalah mendorong produk melalui sitem distribusi toko
2) Pull strategy
    Dalam pull strategy, usaha-usaha iklan dan promosi penjualan besar-besaran ditujukan kepada konsumen, sehingga mereka akan meminta produk dari para peritel. Jika pull strategy berhasil, konsumen akan pergi ke toko dan memesan produk.
     

ARTIKEL MENGENAI "MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI YANG EFEKTIF"
Sumber: http://bolehngeblog.blogspot.com/2011/08/teknik-promosi-yang-mudah-murah-tapi.html

TEKNIK PRODUKSI YANG MUDAH MURAH TAPI EFEKTIF

Thursday, August 11, 2011
        Untuk memulai bisnis afiliasi dari PT. Technopreneur Indonesia ini, maka langkah selanjutnya adalah Promosi yang Menjual. Mengapa dikatakan Promosi yang menjual, bukan Promosi saja ?? Karena seringkali kita hanya melakukan Promosi yang HANYA menginformasikan sesuatu saja, tapi Tidak Berhasil Menjual. Sebelum kita membicarakan Teknik Promosi yang Menjual, alangkah baiknya kita membicarakan Alat-alat promosi yang murah meriah, diantaranya :

Jejaring Sosial. Ini adalah yang paling murah dan cenderung gratisan. Paling-paling kita hanya harus membayar biaya internetnya saja, tapi saya yakin kalau internet tidak digunakan hanya untuk bisnis online saja kan? ada berbagai macam manfaat lainnya. Jejaring sosial yang saya maksudkan bisa melalui Facebook, Yahoo Messanger, Twitter, Friendster, myspace, youtube, dll. Silakan kunjungi jejaring-jejaring sosial tersebut, buat akun di jejaring sosial tersebut, dan jangan malu untuk mencari teman sebanyak-banyaknya.

Email Marketing. Promosi yang dapat dilakukan adalah email yang berisikan penawaran produk/jasa yang akan dijual. Untuk mencari alamat-alamat email yang kelak akan kita kirimkan email penawaran, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan melihat di profil fesbuk orang lain, atau bahkan mungkin kita terkadang pernah dikirimi email penawaran sesuatu dari orang lain, jangan dihapus email tersebut. Biasanya email yang dikirim bersifat massal, nah alamat yang mereka kirimkan tersebut disimpan di phonebook email kita untuk kelak kita kirim penawaran produk/jasa kita. Atau kita bisa melihat di buku kuning (yellow pages) perusahaan-perusahaan yang biasanya sudah disertai alamat email. 

SMS. SMS alias pesan singkat bisa efektif juga untuk penawaran bisnis online kita. Jangan lupa sisipkan alamat blog atau link referral bisnis anda. Upayakan agar isi penawaran jelas tapi kurang dari 145 karakter (hanya satu kali kirim atau satu halaman pesan saja) agar orang lain tidak bosan membacanya. Untuk mendapatkan nomor handphone yang bisa dikirim pesan adalah sangat mudah. Anda bisa mendatangi para penjual pulsa di pinggir jalan. Ajak mereka kerjasama untuk memberikan laporan penjualan pulsa mereka yang pasti mereka tulis dalam kertas.

Membuat pamflet. Teknik promosi ini cukup efektif meski harus mengeluarkan biaya. Tetapi pesan dan isi penawaran yang akan disampaikan relatif lebih jelas dan lengkap. Syarat utama pamflet yang baik adalah pada desain-nya yang menarik dan unik tapi tidak menutupi isi dari maksud.

Read more at: http://bolehngeblog.blogspot.com/2011/08/teknik-promosi-yang-mudah-murah-tapi.html
Copyright bolehngeblog.blogspot.com Under Common Share Alike Atribution

1 komentar: