Senin, 03 Desember 2012

BAB 13 - - PEMASARAN: MEMBANGUN HUBUNGAN PELANGGAN

A. APA ITU PEMASARAN?
     Pemasaran artinya proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional. Hal yang dilakukan oleh pemasar pada waktu tertentu bergantung pada apa yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

B. KONSEP PEMASARAN
     Ada 3 konsep dalam pemasaran, yaitu:
1) Orientasi pelanggan
    Hal ini berhubungan dengan menyediakan apa yang diinginkan oleh konsumen, dan memperhatikan penekanan pada pemenuhan kebutuhan konsumen bukan pada promosi atau penjualan)
2) Orientasi jasa
    Pastikan semua orang dalam organisasi mempunyai tujuan yang sama yaitu mengenai kepuasan pelanggan
3) Orientasi laba
    Fokus pada barang dan jasa yang akan menghasilkan laba terbanyak dan memungkinkan organisasi untuk bertahan dan melakukan perluasan untuk melayani lebih banyak keinginan dan kebutuhan konsumen

C. BAURAN PEMASARAN
     Bauran pemasaran adalah unsur-unsur yang menghasilkan program pemasaran. Keempat unsur tersebut adalah:
1) Produk (product)
2) Harga ( price)
3) Tempat (place)
4) Promosi (promotion)

D. PROSES PENELITIAN PEMASARAN
     Proses penelitian pemasaran setidaknya ada 4 langkah yaitu:
1) mendefinisikan pertanyaan dan menentukan situasi saat ini
2) mengumpulkan data
3) menganalisis data penelitian
4) memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya

E. DUA JENIS PASAR YANG BERBEDA
     Pemasar harus mengetahui sebanyak mungkin tentang pasar yang ingin mereka layani. Pasar terdiri atas orang-orang yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang tidak terpenuhi yang memiliki, baik sumber maupun kesediaan untuk membeli.
     Ada dua pasar utama dalam bisnis yaitu:
1) Pasar konsumen : semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi
2) Pasar bisnis to bisnis: semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untuk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau untuk penjualan, penyewaan atau pemasokan barang kepada orang lain

F. SEGMENTASI PASAR
     Pengertian dari segmentasi pasar adalah proses pembagian total pasar menjadi kelompok-kelompok yang anggotanya memiliki karakteristik yang sama. Tujuan segmentasi pasar adalah untuk membagi pasar menjadi unit-unit yang lebih kecil.
     Ada 5 jenis segmentasi pasar, yaitu:
1) Segmentasi demografis
2) Segmentasi geografis
3) Segmentasi psikografis
4) Segmentasi manfaat
5) Segmentasi volume atau penggunaan



ARTIKEL MENGENAI MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN
sumber: http://manajemenproyekindonesia.com/?p=1217


6 Cara Membangun Hubungan yang Kuat Dengan Pelanggan
Dalam bisnis, network atau jaringan adalah segalanya. Untuk itu, memiliki hubungan jaringan yang luas dan kuat adalah salah satu kunci kesuksesan dalam bisnis. Demikian pula dalam bisnis konstruksi yang melibatkan banyak pihak dalam proses bisnisnya, tentu membutuhkan jaringan yang luas dan kuat.

Dengan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan, akan didapat banyak manfaat. Hal ini dikarenakan terjalinnya kepercayaan / trust dalam hubungan itu. Banyak urusan yang semula sulit akan menjadi terasa jauh lebih mudah. Rapat-rapat yang penuh perdebatan akan menjadi rapat yang sederhana dan penuh keyakinan. Tingkat kompetisi yang semula begitu keras pun akan dapat menjadi lebih mudah karena hubungan yang kuat tersebut.
Lalu bagaimana membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan? Ada enam cara yang diyakini akan dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan. Tentu saja cara ini harus disesuaikan dengan kondisi yang ada. Namun, setidaknya prinsip kerja cara tersebut dapat menjadi insipirasi dalam usaha membangun hubungan dengan pelanggan. Enam cara itu adalah:
1.      Ajak pelanggan untuk ngobrol atau bicara santai dengan minum kopi atau makan siang di luar. Cara ini bertujuan untuk membuat suatu kesempatan lain di luar waktu resmi untuk berkomunikasi yang diharapkan kita akan dapat mengenal pribadi pelanggan lebih jauh dan demikian pula sebaliknya, memberikan kesempatan lain kepada pelanggan untuk mengenal lebih jauh mengenai pribadi kita. Saling mengenal lebih jauh akan memupuk kepercayaan / trust yang lebih tinggi. Trust adalah kunci dalam membina hubungan dengan pelanggan.
2.      Mengirimkan artikel yang menarik ke pelanggan yang mungkin berguna bagi pelanggan. Cara saling berbagi informasi seperti ini adalah cara yang baik dalam usaha menjaga “keep in touch” dengan pelanggan. Banyak membaca saat sedang dalam perjalanan atau saat santai lain, lalu ketika mendapatkan artikel yang baik, maka artikel tersebut disampaikan kepada pelanggan.
3.      Mengucapkan selamat kepada pelanggan ketika mendapat berita yang baik tentang pelanggan. Bisa juga dengan mengirimkan karangan bunga ucapan selamat atas suatu acara yang diadakan oleh pelanggan. Misalnya saat pelanggan sedang dipromosikan atas jabatannya. Namun ketika mendapat berita yang tidak baik tentang pelanggan, sebaiknya berusaha agar membantunya sesuai dengan keahlian dan pengalaman yang ada. Misalnya saat pelanggan mendapatkan masalah pendanaan di salah satu proyeknya, sebaiknya pelanggan dibantu untuk mereview ulang pendanaan proyeknya dengan cara yang lebih baik dari sebelumnya.
4.      Tawarkan kepada pelanggan suatu kesempatan untuk mendapatkan produk atau layanan baru secara gratis dan tawarkan mereka insentif pada produk lain yang sering mereka gunakan. Dalam proyek, cara ini dapat dilakukan dengan memberikan inovasi pada proyeknya yang sedemikian menjadikan proyeknya menjadi lebih baik dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi namun dengan harga yang tetap atau bahkan lebih murah.
5.      Selalu “siap” saat diperlukan pelanggan. Pelayanan pelanggan yang baik harus menjadi prioritas utama dalam hal menjaga hubungan yang kuat. Di saat kapanpun diperlukan, kita harus siap. Dalam keadaan yang tidak siap, setidaknya tetap berkomunikasi, sambil menunggu kondisi siap untuk membantu pelanggan.
6.      Ketika sedang tidak bisa membantu pelanggan, arahkan pelanggan kepada seseorang yang mampu membantu dalam menyelesaikan masalah pelanggan. Cara ini akan tetap mengingatkan pelanggan atas bantuan yang telah diberikan kepadanya.

CONTOH HAL-HAL YANG DAPAT MEMBANGUN HUBUNGAN DENGAN PELANGGAN
1) Pelayanan yang baik dari seorang front office sebuah hotel, hal ini dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, karena front office merupakan bagian utama dari sebuah hotel yang dapat menciptakan kesan utama pada seorang pengunjung hotel, sehingga seorang front office haruslah membangun hubungan yang sebaik mungkin dengan pelanggan.
2) Memberikan fasilitas yang baik bagi para pengunjung hotel juga merupakan salah satu cara untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar