Sabtu, 20 Oktober 2012

BAB 7 -- MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN

        Sebelum kita lebih jauh mempelajari bab ini kita terlebih dahulu harus mengetahui apakah fungsi manajemen itu? Manajemen adalah proses yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasional melalui perencanaan (planning), pengorganisasian (organization), kepemimpinan (leading), dan pengendalian (controlling).

A. VISI, MISI, TUJUAN dan SASARAN
         Didalam sebuah organisasi pasti ada yang namanya visi, misi, tujuan dan sasaran yang akan dicapai organisasi tersebut. Visi adalah penjelasan yang luas atas mengapa organisasi tersebut eksis dan kemana arah   yang dituju organisasi tersebut. Sedangkan misi adalah uraian mengenai tujuan mendasar dari sebuah organisasi.
         Tentu saja setiap perusahaan atau organisasi memiliki visi dan misi yang berbeda, tergantung tujuan dan sasaran-nya yang ingin dicapai. Tujuan adalah pencapaian jangka panjang tentang apa yang ingin dicapai organisasi. Sedangkan sasaran adalah pernyataan jangka pendek tentang bagaimana cara mencapai tujuan organisasi.

B. ANALISIS SWOT
        SWOT merupakan singkatan dari:
Strength       : kekuatan
Weakness    : kelemahan
Opportunity : kesempatan
Threats        : ancaman
         Sehingga pengertian dari Analisis SWOT adalah sebuah alat perencanaan yang digunakan untuk menganalisis strength (kekuatan). weakness (kelemahan), opportunity (kesempatan), dan threats (ancaman) dari sebuah organisasi.

C. BENTUK-BENTUK PERENCANAAN
         Ada 4 bentuk-bentuk perencanaan yaitu :


1. Perencanaan Strategis
    Proses untuk menentukan tujuan utama organisasi dan kebijakan dan strategi untuk mendapatkan dan   menggunakan sumber daya untuk mencapai tujuan itu

2. Perencanaan Taktis
    Proses mengembangkan pernyataan terperinci  jangka pendek mengenai apa yang harus dilakukan, siapa yang melakukan dan bagaimana cara melakukannya.

3. Perencanaan Operasional
    Proses untuk menetapkan standar dan jadwal kerja yang diperlukan untuk menerapkan sasaran taktis perusahaan.

4. Perencanaan Kontingensi
    Proses untuk menyiapkan rencana tindakan alternatif yang dapat digunakan jika rencana utama tidak mencapai sasaran organisasi.

D. PENGAMBILAN KEPUTUSAN
         Kata lain dari pengambilan keputusan yaitu decision making. Pengambilan keputusan artinya memilih diantara dua alternatif atau lebih. Ada beberapa langkah-langkah yang acap kali diikuti oleh manajer untuk mengambil keputusan. Langkah itu dapat disebut 7M, yaitu:
1. Mendefinisikan situasi
2. Mendeskripsikan dan mengumpulkan informasi yang dibutuhkan
3. Mengembangkan alternatif
4. Mengembangkan persetujuan diantara yang terlibat
5. Memutuskan alternatif mana yang terbaik
6. Melakukan apa yang diindikasikan
7. Menentukan apakah keputusan tersebut adalah keputusan yang baik dan melanjutkannya

E. KETERAMPILAN YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG MANAJER
    Ada 3 keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang manajer, yaitu:

  1. Keterampilan teknis : melibatkan kemampuan untuk melakukan tugas dalam disiplin tertentu (seperti menjual produk atau mengembangkan peranti lunak) atau department tertentu.
  2. Keterampilan hubungan manusia : keterampilan yang melibatkan komunikasi dan motivasi
  3. Keterampilan konseptual : keterampilan yang melibatkan kemampuan untuk menggambarkan organisasi sebagai satu keseluruhan dan hubungan antar berbagai bagiannya
F. GAYA KEPEMIMPINAN
     Beberapa gaya kepemimpinan yang paling umum dikenali adalah:
  • Kepemimpinan otokratis : gaya kepemimpinan yang melibatkan pengambilan keputusan manajerial tanpa berkonsultasi dengan orang lain
  • kepemimpinan partisipasif (demokratis) : gaya kepemimpinan yang terdiri atas manajer dan karyawan yang bekerja bersama untuk mengambil keputusan
  • kepemimpinan free-rein : gaya kepemimpinan yang melibatkan manajer yang menetapkan sasaran-sasaran dan karyawan bebas untuk melakukan apa pun yang diperlukan untuk mencapai sasaran tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar