Minggu, 28 Oktober 2012

BAB 9 -- MEMPRODUKSI BARANG DAN JASA KELAS DUNIA

        Untuk dapat memproduksi barang dan jasa kelas dunia, dibutuhkan banyak kekuatan dari berbagai fakotr. Mulai dari faktor kualitas barang atau jasa yang diproduksi, bagaimana cara menghadapi pesaing di tingkat dunia, dan masih banyak lagi.

A. APA YANG TELAH DILAKUKAN PARA PEMANUFAKTUR UNTUK MENJADI LEBIH KOMPETITIF
       Para pemanufaktur Amerika melakukan beberapa hal berikut untuk mendapatkan kembali daya kompetitifnya:

  • Berfokus pada pelanggan. Misalnya dengan memberikan perhatian lebih kepada pelanggan, dan tidak memberikan kebohongan publik soal kualitas barang dan jasa yang diproduksi
  • Mempertahankan hubungan erat dengan pemasok dan perusahaan lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
  • Mempraktikan pengembangan yang kontinu
  • Berfokus pada kualitas. Selaku produsen, kita harus benar-benar memperhatikan kualitas produk yang dijual ke pasaran, agar pelanggan tidak kecewa dengan produk kita.
  • Menghemat biaya melalui seleksi tempat
  • Mengandalkan internet untuk menyatukan perusahaan-perusahaan
  • Menggunakan teknik produksi yang baru
B. DARI PRODUKSI KE MANAJAMEN OPERASI
          Produksi adalah pembuatan barang dan jasa menggunakan faktor-faktor produksi, yaitu tanah, tenaga kerja, modal, kewirausahaan dan pengetahuan. Sedangkan manajemen produksi adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan semua aktivitas yang dilakukan manajer untuk membantu perusahaan mereka menghasilkan barang.
          Untuk mencerminkan perubahan dalam kepentingan dari manufaktur ke jasa, istilah produksi sering diganti oleh operasi untuk mencerminkan produksi barang dan jasa. Manajemen operasi adalah area khusus dalam manajemen yang mengubah atau mentransformasi sumber (termasuk sumber daya manusia) menjadi barang dan jasa.

C. PROSES PRODUKSI
     Ada 3 proses dalam produksi, yaitu:
1. Proses perakitan: menyatukan komponen-komponen untuk membuat produk
2. Proses yang berkelanjutan : proses produksi dimana produksi yang lama berjalan dan menghasilkan
    barang jadi berkali-kali
3. Proses sebentar-sebentar : proses produksi dimana jumlah produksi sedikit dan mesin sering diubah untuk
    membuat produk-produk yang berbeda

D. MANUFAKTUR
     Beberapa perkembangan besar telah secara radikal mengubah proses produksi di Amerika Serikat, menjadikan perusahaan-perusahaan di AS lebih kompetitif. Hal-hal tersebut adalah:
  1. Manufaktur dan desain yang dibantu dengan komputer, maksutnya adalah untuk melibatkan komputer secara langsung dalam proses produksi
  2. Manufaktur yang fleksibel, artinya melibatkan mendesain mesin untuk melakukan banyak tugas, sehingga mesin tersebut dapat menghasilkan beragam produk
  3. Manufaktur yang ramping, artinya produksi barang dengan menggunakan segala sumber yang lebih sedikit ketimbang produksi massa; usaha manusia yang lebih sedikit, ruang manufaktur yang lebih sedikit, investasi yang lebih sedikit dalam peralatan, dan lebih sedikit waktu perencanaan untuk mengembangkan produk baru
  4. Penyesuaian massa, artinya menyesuaikan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan individual.

E. PERENCANAAN MANAJEMEN OPERASI
     Perencanaan manajemen operasi ini melibatkan beberapa hal yakni lokasi fasilitas, tata ruang fasilitas, perencanaan persyaratan bahan, pembelian, pengendalian inventaris, dan kontrol kualitas.
1) Lokasi Fasilitas
    Adalah proses pemilihan lokasi geografis untuk operasi perusahaan. Dalam memenuhi kebutuhan untuk berfokus pada pelanggan satu strategi dalam lokasi fasilitas adalah untuk mencari sebuah tempat yang memudahkan para pelanggan untuk mengakses layanan perusahaan dan untuk mempertahankan dialog tentang kebutuhan mereka.
2) Tata Ruang Fasilitas
     Adalah susunan fisik sumber (termasuk orang-orang) dalam proses produksi. Intinya adalah untuk meletakkan kantor, mesin, area penyimpanan, dan artikel lain di dalam posisi yang sebaik mungkin guna memungkinkan para pekerja untuk memproduksi barang dan memberikan layanan bagi pelanggan.
3) Perencanaan Persyaratan Bahan
    Adalah sistem manajemen opereasi berbasis komputer yang menggunakan ramalan penjualan untuk memastikan bahwa bagian-bagian dan bahan-bahan yang dibutuhkan tersedia pada waktu dan tempat yang tepat di satu perusahaan tertentu.
4) Pembelian
   Adalah fungsi dalam perusahaan yang mencari sumber bahan berkualitas, menemukan pemasok terbaik dan menegosiasikan harga terbaik untuk barang dan jasa yang berkualitas.
5) Pengendalian Inventaris
    Adalah proses produksi dimana inventaris minimun disimpan di dalam gudang serta bagian, persediaan dan kebutuhan lain dikirimkan tepat pada waktunya ke lini perakitan.
6) Kontrol Kualitas
    Adalah secara konsisten memproduksi apa yang diinginkan pelanggan sementara mengurangi kesalahan sebelum dan setelah pengiriman kepada pelanggan.

F. STANDAR ISO 9000 dan STANDAR ISO 14000
    a) Standar ISO 9000 adalah nama umum yang diberikan untuk manajemen yang berkualitas dan standar yang terjamin
    b) Standar ISO 14000 adalah koleksi praktik terbaik untuk mengatur pengaruh organisasi terhadap
lingkungan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar